Cara Mengobati Keputihan Yang Berlebihan, Gatal, dan Berbau​

Cara mengobati keputihan yang berlebihan, gatal, dan berbau mesti diketahui oleh para wanita. Meskipun tidak mengalaminya, pengetahuan seperti ini perlu dipahami agar dapat dicegah kemunculannya. Lalu, apa yang harus dilakukan saat keputihan seperti muncul? Adakah cara mengatasinya? Jangan khawatir! Berikut ini 4 cara mengobati keputihan yang abnormal. Simak baik-baik.

Tips/ Cara Mengobati Keputihan Yang Berlebihan, Gatal, dan Berbau​

1. Menjaga Kebersihan Daerah Kemaluan


Agar terhindar dari keputihan yang berlebihan, bahkan bau dan gatal, Anda harus selalu menjaga kebersihan daerah kemaluan. Adapun caranya sebagai berikut:

a.    Cuci bersih daerah kemaluan setiap selesai buang air kecil maupun besar dengan cara yang benar, yaitu dari depan ke belakang, jangan sebaliknya.

b.    Menggunakan pakaian dalam dan luar yang bersih. Sebab, pakaian kotor bisa menjadi perantara masuknya bakteri maupun virus ke daerah kemaluan wanita. Selain itu, gunakan pakaian dalam dengan bahan katun agar dapat menyerap keringat, sehingga daerah kemaluan tetap dalam kondisi kering, tidak lembab.

c.    Gunakan panty liner agar daerah kemaluan tidak lembab. Dengan menggunakan panty, cairan apa pun yang keluar dari kemaluan dapat segera terserap spon panty. Namun begitu, hindari menggunakan panty yang terbuat dari sintesis.

d.    Tidak menggunakan pembersih kemaluan. Perlu diketahui, menggunakan cairan pembersih kemaluan justru dapat membuat keputihan semakin banyak. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya malah membuat pH area ini menjadi rusak dan membunuh bakteri baik yang ada di dalamnya.

2. Mengonsumsi Berbagai Makanan atau Minuman Alami


Ada beberapa makanan maupun minuman alami yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi keputihan, di antaranya sebagai berikut:

a.    Biji Fenugreek

Caranya: biji fenugreek direndam dalam air hangat selama satu hari satu malam. Setelah itu, saring dan tambahkan gula secukupnya. Minum secara teratur setiap pagi sebelum makan.

b.   Pisang

Kandungan kalium dalam pisang terbukti dapat mengatasi keputihan abnormal. Oleh karena itu, konsumsi pisang setiap hari secara teratur.

c.   Jus delima, jus anggur dan madu, jus lemon dan madu, serta jus lemon dan bawang putih

d.   Jahe Hangat

Caranya, rebus beberapa rimpang jahe dalam air 2 liter hingga tinggal separuhnya. Minum secara teratur air rebusan sehari satu kali dalam kondisi hangat.

e.   Yogurt

Yogurt ini dapat digunakan untuk melawan infeksi jamur pada kemaluan.

f.    Sayuran Hijau

Selain menyehatkan, sayuran hijau seperti asparagus, bayam, dan lainnya, dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah munculnya keputihan.

3. Menghindari Berbagai Makanan dan Minuman


Ada beberapa makan dan minuman yang perlu Anda hindari agar keputihan bisa sembuh, yaitu:

a.    Makanan Berminyak

Selain berbahaya bagi kesehatan organ dalam, makanan berminyak seperti gorengan dan makanan yang digoreng juga bisa menyebabkan munculnya keputihan, sehingga harus dihindari.

b.    Kafein

Minuman apa pun yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, harus dihindari agar keputihan tidak semakin parah.

c.    Makanan yang dapat meningkatkan suhu tubuh

Nanas, daging kambing, terong, dan makan lain yang dapat membuat suhu tubuh meningkat perlu dihindari karena dapat membuat kemaluan menjadi lembab.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat


Ada beberapa pola hidup sehat yang harus selalu Anda lakukan untuk mengatasi keputihan yang membandel, yaitu:

a.   Yoga

Olahraga ini selain menyehatkan, ternyata juga dapat mengatasi keputihan.

b.    Hindari Stress

Jangan dikira, ternyata stress dapat memicu timbulnya keputihan. Oleh karena itu, hindarilah.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dari informasi tersebut, saat keputihan mengganggu, Anda tidak perlu bingung lagi karena sudah mengetahui cara mengobati keputihan yang berlebihan, gatal, dan berbau.


Jual Crystal-X Asli Obat Keputihan Herbal Aman

Bagikan

Baca Juga Artikel Ini

Cara Mengobati Keputihan Yang Berlebihan, Gatal, dan Berbau​
4/ 5
Oleh Komentar

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.