Penyebab Keputihan Pada Anak dan Cara Menghilangkannya

Penyebab keputihan pada anak dan cara menghilangkannya harus diketahui orang tua, khususnya seorang ibu. Setiap orang tua pasti tidak ingin anaknya mengalami gangguan berupa keputihan, bukan? Semua orang tua pasti ingin anak-anaknya dapat tumbuh dengan sehat tanpa gangguan kesehatan apa pun. Oleh karena itu, sebagai orang tua, anda harus tanggap saat anak perempuan anda menunjukkan keluhan.

Penyebab Keputihan Pada Anak Kecil dan Cara Menghilangkannya

  1. Penyebab Keputihan pada Anak



Ada banyak penyebab seorang anak mengalami keputihan. Meskipun pada umumnya keputihan terjadi pada wanita yang sudah mengalami datang bulan, namun seorang anak bahkan bayi juga bisa mengalaminya. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab seorang anak mengalami keputihan? Berikut ini beberapa penyebabnya.

a.    Kurang bersihnya area kemaluan dan lubang dubur
Orang tua harus benar-benar bisa menjaga kebersihan dua lubang vital pada anak ini.

b.    Cara mencebok yang tidak benar
Cebok yang benar adalah dari depan ke belakang. Bakteri dari feses dapat masuk ke area kemaluan jika menceboknya dari belakang ke depan.

c.    Masuknya bakteri yang biasa ada di mulut dan kerongkongan ke daerah kemaluan
Biasanya, tangan menjadi perantara masuknya bakteri ini. Oleh karena itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan daerah kemaluan anak.

d.    Daerah kemaluan yang lembab
Hal ini biasanya terjadi pada anak yang sering menahan buang air kecil sehingga menetes sedikit di celana dalam. Padahal, daerah vital ini yang lembab membuat jamur tumbuh subur. Selain itu, menggunakan celana ketat, pakaian kotor, dan popok yang basah juga membuat daerah ini lembab.

e.    Kebiasaan duduk di sembarang tempat
Perlu diketahui, kemaluan anak perempuan belum menutup sempurna sehingga sangat mudah bagi jamur, bakteri, dan lainnya masuk ke dalamnya. Terlebih jika sang anak senang duduk di sembarang tempat, termasuk di tempat kotor.

2. Cara Menghilangkan Keputihan pada Anak



Untuk mengatasi keputihan pada anak, lakukan kebiasaan hidup bersih pada anak perempuan anda. Sebagai orang tua, anda harus memberi contoh pembiasaan hidup bersih tersebut. Berikut beberapa cara tepat yang bisa anda terapkan:
  • Usahakan untuk melebarkan lutut anak saat buang air kecil agar air seni tidak mengumpul di kemaluan.
  • Basuh kemaluan anak dengan gerakan yang benar yaitu membersihkan bagian depan, baru belakang.
  • Setelah buang air kecil maupun besar, lap kemaluan anak hingga kering. Meskipun begitu, jangan menggosok daerah ini terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Jangan menggunakan sabun secara langsung untuk membersihkan kemaluan anak. Apa lagi sabun wangi karena mengandung bahan kimia yang berbahaya.
  • Cegah anak untuk mandi terlalu lama, terlebih berendam, karena dapat menyebabkan kemaluan menjadi lembab.
  • Jangan memberi bedak di bagian kemaluan anak karena butiran bedak yang masuk justru dapat menjadi sarang bakteri.
  • Pakaikan baju dan celana dalam yang mudah menyerap keringat dan longgar, sehingga kondisi kemaluan tetap kering.
  • Mengganti pakaian dalam anak dua hingga tiga kali sehari agar kemaluan tetap kering.

Informasi di atas tentu sangat anda butuhkan sebagai orang tua. Sebab, peran orang tua sangat vital dalam menjaga kesehatan buah hati. Kontrol selalu kebersihan kelamin anak hingga usia 10 tahun. Saat anak sering menggaruk daerah kemaluan dan ada bercak di celana dalamnya, anda perlu waspada. Terlebih jika sang anak mengeluh sakit saat buang air kecil, akan lebih baik jika diperiksakan ke dokter.

Nah, berdasarkan uraian tersebut, kini anda tidak perlu risau lagi saat melihat anak mengalami keputihan. Segera lakukan pengobatannya. Jadilah dokter pintar bagi keluarga, khususnya buah hati, anda dengan mengetahui penyebab keputihan pada anak dan cara menghilangkannya.


Jual Crystal-X Asli Obat Keputihan Herbal Aman

Bagikan

Baca Juga Artikel Ini

Penyebab Keputihan Pada Anak dan Cara Menghilangkannya
4/ 5
Oleh Komentar

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.