Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Hari Pertama

Cara mengatasi sakit perut saat haid pertama, mungkin menjadi kata kunci yang sering dicari di mesin pencarian dunia maya, karena sakit yang luar biasa. Haid sendiri adalah siklus yang dialami oleh wanita di usia subur, yang tidak sama terjadi antar wanita.

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Hari Pertama


Nyeri haid atau bahasa kerennya diminore pada setiap wanita berbeda-beda, ada yang hanya sedikit nyeri, tapi ada juga yang merasakan sakit nyeri yang luar biasa hingga bisa mengganggu aktifitas dan mood wanita itu sendiri. Saat haid terjadi, nyeri yang dirasakan dirasa juga ke seluruh perut, terlebih perut pada bagian bawah yang terkadang disertai mulai. Hal inilah yang menyebabkan wanita jika terkena haid sangat susah mengontrol emosi.

Penyebab Sakit Haid di Hari Pertama


Untuk mengetahui cara mengatasi sakit perut saat haid pertama, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab sakit haid tersebut. Ada beberapa sebab yang memungkinkan kenapa sakit perut saat haid pertama terjadi, diantaranya :
  1. Sakit perut pada haid pertama disebabkan oleh gumpalan darah pada rahim
  2. Sakit juga bisa disebabkan fungsi ginjal yang melemah yang berakibat pada terganggunya fungsi hati

Setelah mengetahui penyebabnya, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah, gejala-gejala yang mungkin akan timbul ketika datangnya haid untuk pertama kali, gejala-gejala tersebut antara lain :
  1. Saat haid pertama muncul, maka akan timbul sensasi nyeri pada perut, khususnya pada perut bagian bawah
  2. Rasa sakit ini makin menjadi tatkala perut bagian bawah ditekan
  3. Rasa nyeri tidak hanya dirasa pada perut saja, tapi juga menjalar ke bagian lain, seperti punggung, pinggang, dan kedua paha
  4. Rasa nyeri yang akan berkurang dari hari ke hari
  5. Cairan darah haid yang keluar berwarna gelap kehitaman

Selain gejala akan datangnya haid untuk pertama kali, ada juga gejala yang muncul pada saat nyeri haid timbul, gejala tersebut antara lain :
  1. Nyeri selama periode haid, atau hanya merasa nyeri pada akhir periode
  2. Wajah terlihat pucat, jantung sering berdebar-debar, serta kaki dan tangan yang terasa dingin
  3. Cairan darah haid yang keluar berwarna merah muda

Sakit nyeri untuk haid pertama memang wajar terjadi, hal ini disebabkan kontraksi otot yang berkepanjangan sepanjang waktu. Nah untuk mengatasi hal tersebut cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama maupun untuk hari selanjutnya penting untuk diketahui.

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Hari Pertama


Gejala sakit ini biasanya terjadi di saat pertama maupun seterusnya saat berlangsung periode haid. Hal ini bisa diatasi dengan berbagai tips mengatasi nyeri haid, yaitu :

Mengompres Perut

Saat perut bagian bawah khususnya mulai terasa nyeri, bisa dikompres dengan bantalan pemananas, atau air hangat, sehingga dapat membuat perut menjadi nyaman.

Berbaring

Merupakan salah satu yang cukup mudah untuk dilakukan, cukup berbaring dengan nyaman di atas tempat tidur atau sofa hingga rasa nyeri berangsur-angsur menghilang.

Pijat

Ketika nyeri datang menghantam, bisa dilakukan pemijatan secara perlahan dan berhati hati pada bagian bawah perut, bisa juga untuk menambah kenyamanan untuk memijat di daerah otot kaki.

Makan

Saat haid berlangsung, maka akan banyak darah yang terbuang, nah cukup makan banyak makanan yang mengandung zat besi untuk mengatasinya seperti bayam.

Tips diatas sangat dianjurkan untuk mengatasi nyeri haid daripada menggunakan obat-obatan yang belum tentu berhasil serta aman,dan tips baik lainnya yaitu mengkonsumsi buah pisang adalah cara mengatasi sakit perut saat haid pertama.


Jual Crystal-X Asli Obat Keputihan Herbal Aman

Bagikan

Baca Juga Artikel Ini

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Hari Pertama
4/ 5
Oleh Komentar

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.