Penyebab Keputihan Berbau Tidak Sedap dan Tidak, Serta Cara Mengatasinya

Penyebab keputihan berbau tidak sedap dan tidak, serta cara mengatasinya - Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan adalaha cairan yang keluar dari vagina perempuan. Cairan ini biasanya bening dan tidak berbau. Namun pernahkah anda mengalami keputihan dengan bau yang tidak sedap?

Penyebab Keputihan Berbau Tidak Sedap dan Tidak, Serta Cara Mengatasinya

Keputihan adalah siklus hormonal normal yang akan di alami setiap wanita selama satu bulan sekali. Keputihan biasanya terjadi saat menjelang atau sesudah haid dan bahkan dalam masa subur kita juga mengalami keputihan.

Perbedaan Keputihan Tidak Berbau dan Berbau Tidak Sedap


Keputihan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal ( patologis).

Keputihan yang normal atau keputihan fisiologis  yaitu keputihan yang tidak berbau dan tidak gatal. Keputihan ini akan muncul sesuai siklus hormonal kita. Ciri-ciri dari keputihan normal ini di tandai dengan sedikitnya cairan yang keluar dari vagina, tidak menyebabkan gatal di daerah vagina, cairan biasanya berbentuk bening dan encer serta tidak berbau.

Sedangkan keputihan abnormal atau keputihan patologis merupakan keputihan yang perlu di waspadai. Keputihan ini bisa menyebabkan kemandulan, kanker, atau bahkan bisa mengakibatkan meninggal dunia. Keputihan patologis biasanya mempunyai ciri-ciri banyaknya cairan yang keluar dari vagina sehingga menimbulkan bercak pada pakaian dalam anda, cairan biasanya lengket berwarna putih susu, kuning, keabu-abuan, bahkan ada yang berwarna hijau, dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Keputihan patologis ini biasanya di sebabkan karena bakteri, jamur , serta virus.

Penyebab Terjadinya Keputihan Berbau Tidak Sedap


Ada banyak hal yang mempengaruhi terjadinya keputihan tidak sedap. Kebiasaan sehari-hari yang tidak terduga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya keputihan yang berbau tidak sedap.

Berikut ini merupakan penyebab terjadinya keputihan yang tidak sedap.
  • Memakai pakaian dalam yang berbahan sintetis dan ketat. Hal ini mengakibatkan vagina menjadi lembab dan bisa memicu berkembangnya bakteri jahat di vagina.
  • Pemakaian tissue yang terlalu sering untuk membasuh vagina setelah buang air besar ataupun buang air kecil.
  • Rusaknya PH atau keasaman biologis yang ada pada lingkungan vagina
  • Ketidak seimbangan hormon yang bisa dipicu karena kelelahan ataupun stress
  • Tidak teraturnya mengganti pembalut saat datangnya menstruasi
  • Pola hidup yang tidak sehat, tidak berolahraga, pola makan yang tida teratur dan kurang istrihat dapat memicu keputihan berbau tidak sedap.
  • Bisa menjadi salah satu tanda gejala penyakit. Sebaiknya jika periksakan ke dokter jika memang hal itu diperlukan guna mengantisipasi.

Cara Mengatasi Keputihan Berbau Tidak Sedap


Ada banyak cara untuk mengilangkan keputihan yang berbau tidak sedap mulai dari cara tradisional sampai konsultasi ke dokter.

Berikut ini cara menghilangkan keputihan berbau tidak sedap dengan cara tradisional yang bisa kita ambil dari lingkungan sekitar.

Perbanyak Konsumsi Bawang Putih

Bawang Putih dikenal baik oleh seluruh masyarakat. Selain guna sebagai penyedap masakan bwang putih yang mengandung sifat antibakteri dan anti virus ini sangat baik untuk mengatasi keputihan yang berbau tidak sedap.

Daun Sirih

Banyak orang tahu bahwa daun sirih sangat baik untuk mengatasi keputihan. Daun sirih mengandung kavinol dan antioksidan yang berguna mematikan kuman. Cara nya dengan merebus daun sirih dan setelah dingin air rebusan tadi digunakan untuk mebasuh vagina. Daun sirih ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi keputihan yang berbau tidak sedap.

Daun Kemangi

Daun kemangi bisa mengatasi keputihan yang berbau tidak sedap.  Untuk mengobati keputihan yang berbau tidak sedap dengan kemangi ialah dengan cara menumbuk sampai benar-benar halus lalu di beri air secukupnya. Peras kemangi dan air tadi untuk diambil sarinya. Minum sari kemangi ini pada pagi dan malam hari. Bagi orang yang memiliki asam urat tidak diperkenakan meminum sari kemangi ini secara rutin berilah jeda waktu untuk pengobatannya. Serta jangan gunakan sari kemangi ini untuk membasuh vagina anda.

Mulailah pola hidup yang sehat serta istirahat yang cukup untuk tubuh anda. Hindari stress berlebihan serta penggunaan pakaian dalam harus lebih hati-hati jangan terlalu ketat dan berbahan sintetis, serta rutinlah mengganti pembalut anda jika sedang datang bulan. Penyebab keputihan berbau tidak sedap dan tidak, serta cara mengatasinya.


Jual Crystal-X Asli Obat Keputihan Herbal Aman

Bagikan

Baca Juga Artikel Ini

Penyebab Keputihan Berbau Tidak Sedap dan Tidak, Serta Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh Komentar

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.