Penyebab Keputihan Fisiologis dan Patologis Serta Cara Mengobatinya

Penyebab Keputihan Fisiologis Dan Patologis Serta Cara Mengobatinya - Keputihan merupakan hal yang normal dialami para wanita. Namun ada kalanya keputihan ini harus diwaspadai jika sudah memberikan ciri-ciri yang tidak wajar. Seperti berbau tajam serta berubaha warna. Pada dasarnya keputihan sendiri merupakan reaksi alami dari perubahan hormon atau adanya rangsangan luar. Sehingga keluarnya keputihan ini pun tidak bisa diprediksi.

Penyebab Keputihan Fisiologis dan Patologis Serta Cara Mengobatinya


Lalu apa yang menjadi  penyebab dari peristiwa keputihan? Sebenarnya penyebab keputihan sendiri terbagi menjadi 2 berdasarkan sifatnya, yaitu penyebab patologis dan fisiologis. Nah, berikut ini akan dibahas penyebab keputihan fisiologis dan patologis serta cara mengobatinya.

Keputihan Fisiologis


Keputihan fisiologis atau disebut juga keputihan yang normal. Karena terjadinya keputihan ini memang merupakan reaksi alami tubuh sehingga tidak perlu terlalu diwaspadai. Contohnya sepeti menjelang menstruasi dan ketika hamil. Hormon yang dilepaskan menjelang menstruasi akan membuat cairan keputihan otomatis keluar, begitu pula dengan hrmon kehamilan.

Namun tidak perlu khawatir, karena selama jumlah cairan yang keluar tidak banyak serta tidak berbau, maka keputihan tersebut terbilang normal. Faktor fisiologis lainnya yang dapat menyebabkan keputihan adalah adanya rangsangn seksual.  Nah, bisa disimpulkan dengan penyebab hormonal atau alami, maka keputihan fisiologis memiliki karakter :
  • Cairan keputihan berwarna bening atau krem
  • Tidak berbau
  • Lebih bertekstur encer
  • Jumlah cairannya tidak banyak atau normal
  • Tidak menimbulkan rasa gatal ataupun sakit.
  • Keputihan patologis

Keputihan Patologis


Kebalikan dari fisiologis, keputihan patologis ini disebabkan hal-hal yang tidak alami atau bersifat penyakit. Keputihan yang abnormal dan harus diwaspadai jika mengalaminya dengan ciri-ciri :
  • Warna cairan keputihan seperti putih susu, atau kekuningan, atau hijau bahkan bisa juga agak kemerahan
  • Mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Tekstur cairan lebih kental dan lengket
  • Akan terasa gatal serta pada beberapa kasus juga diikuti rasa sakit pada vagina
  • Jumlah cairannya sangat banyak

Penyebab dari keputihan patologis ini kebanyakan berasal dari bakteri atau virus jahat dari lingkungan sekitar. Seperti pinggiran closet yang kurang bersih, pakaian dalam yang kurang bersih dan terlalu ketat serta kebiasaan membasuh organ intim yang buruk. Perlu diingat bahwa organ intim merupakan area yang sensitif dan mudah sekali dimasuki bakteri jahat.

Selain itu pengaruh stress dan obat-obatan seperti antibiotic yang tidak cocok atau penggunaan KB yang mengganggu hormone juga bisa memicu terjadinya keputihan patologis. Keputihan patologis ini juga bisa disebabkan adanya gejala penyakit organ intim dalam, seperti kanker serviks atau gangguan pada rahim.

Pengobatan Keputihan


Setelah mengetahui penyebabnya, maka kini saatnya untuk pengobatan dari keputihan tersebut. Terutama dari keputihan patologis yang tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi jika dibiarkan malah akan menjadi penyakit yang serius. Berikut ini beberapa langkah pengobatan keputihan :

Gunakan Ramuan Herbal

Ada banyak ramuan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati keputihan, seperti daun sirih, ketumbar, kunyit, akar bayam, lidah buaya, akar rimpang dan lain sebagainya. Penggunaan ramuan herbal ini lebih aman dan mudah. Selain itu tentu lebih menghemat biaya, karena sangat gampang mendapatkannya.

Gunakan Obat Antibiotik

Namun untuk penggunaan obat antibiotik ini sangat disarankan melalui anjuran dokter. Jika keputihan memang sudah tidak bisa ditolerir lagi, segera lakukan pemeriksaan. Tidak hanya untuk mengobati keputihan, namun juga untuk menelusuri kemungkinan adanya penyakit dalam dari organ intim tersebut.

Jaga Kebersihan Organ Intim

Seperti rajin mengganti pembalut saat menstruasi, membersihkan dudukan kloset sebelum dipakai dan rajin mengganti pakaian dalam terutama ketika udara lembab. Selain itu cara membasuh organ intim yang benar adalah dari arah depan ke belakang dengan sapuan satu arah.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab keputihan fisiologis dan patologis serta cara mengobatinya. Bisa disimpulkan, cara pencegahan dini keputihan yang bersifat mengganggu adalah dengan menjaga kebersihan serta mengetahui cara merawat organ intim dengan benar.

Jual Crystal-X Asli Obat Keputihan Herbal Aman

Bagikan

Baca Juga Artikel Ini

Penyebab Keputihan Fisiologis dan Patologis Serta Cara Mengobatinya
4/ 5
Oleh Komentar

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.